Kamis, 08 Februari 2018

MIN Bukan Satker, Kepala MIN Otomatis Jadi PPK?

  hendi 1985       Kamis, 08 Februari 2018
Kementerian Agama Republik Indonesia sedang melakukan pembenahan di bidang pengelolaan keuangan, salah satunya dengan mengurangi jumlah Satuan Kerja (Satker) Pengelola Keuangan Negara dilingkungan Kementerian Agama. Salah satu Satker yang dilikuidasi adalah Satker MIN. Mulai tahun 2016, secara bertahap Kementerian Agama melakukan Likuidasi terhadap Satker Madrasah Ibtidaiyah Negeri.

Dari kebijakan ini salah satu masalah yang timbul adalah terkait kedudukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri dalam hal pengelolaan keuangan, setelah tidak diberikan kewenangan mengelola DIPA.

Dalam pengelolaan anggaran Kepala MIN berkedudukan sebagai apa?

Jika merujuk ke Peraturan Menteri Agama Nomor 63 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pejabat Perbendaharaan Negara pada Kementerian Agama Pasal I ayat 4 yang merubah ketentuan Pasal 25 PMA Nomor 45 Tahun 2014 sehingga berbunyi:

Pasal 25
  1. PPK pada Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri dijabat oleh Kepala Tata Usaha, dan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri dijabat oleh Guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil.
  2. PPK pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang tidak memiliki kewenangan mengelola DIPA dijabat oleh Kepala Madrasah.
Jika mengacu ke bunyi pasal itu, Kepala Madrasah Ibtidaiyah yang status Satker nya di Likuidasi otomatis bisa menjadi PPK untuk MIN yang di pimpinnya. Namun jangan lupa PMA Nomor 63 Tahun 2016 tidak merubaha keseluruhan isi dari PMA Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pejabat Perbendaharaan Negara pada Kementerian Agama. Di pasal 10 PMA Nomor 45 Tahun 2014 ayat 2 yang berbunyi:

“PPK wajib memiliki Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa”

Dari pembahasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang tidak diberikan kewenangan mengelola DIPA dapat diangkat menjadi PPK jika memiliki Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa.
logoblog

Thanks for reading MIN Bukan Satker, Kepala MIN Otomatis Jadi PPK?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar